Jumat, 06 Oktober 2017

Apa Saja Profesi Dalam Pengembangan Aplikasi Web


Ok sobat, Di postingan awal kita telah mengenal jurusan RPL, lalu disini saya akan membahas pelajaran desar di jurusan RPL, yaitu pemrograman web. siapa sih yang belum tau Web ? sekarang hampir seluruh aplikasi berbasis web. Aplikasi android pun banyak yang berbasis web. jadi web itu sekarang begitu populer. jadi sobat harus mempelajarinya.

Pemrograman web merupakan salah satu mata pelajaran wajib dasar pada dasar program keahlian Teknik Komputer dan Informatika. disini juga kita akan memahami profesi apa aja sih dalam bidang teknologi informasi itu ?. dan juga kesananya kita akan lebih mengenal bagaimana cara membuat sebuah halaman web sesuai dengan kaidah/aturan yang berlaku.

Profesi dalam bidang Teknologi Informasi 
Saat ini ada banyak aneka profesi di bidang Teknologi Informasi atau TI. Perkembangan dunia TI telah melahirkan bidang baru yang tidak terlepas dari tujuan utamanya yaitu untuk semakin memudahkan manusia dalam melakukan segala aktifitas. Secara umum, pekerjaan di bidang teknologi informasi setidaknya dapat dikelompokan sesuai bidangnya, misalnya.

a. Kelompok pertama, adalah mereka yang bergelut di dunia perangkat lunak (software), baik mereka yang merancang sistem operasi, database maupun sistem aplikasi.
Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti :

  1. Sistem analis, merupakan orang yang bertugas menganalisa system.
  2. Programer, merupakan orang yang bertugas membuat program ( baik aplikasi maupun system operasi ) sesuai system yang dianalisa sebelumnya. 
  3. Web designer, merupakan orang yang melakukan pembuatan aplikasi berbasis web. 
  4. Web programmer, merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan web designer.

b. Kelompok kedua, adalah mereka yang bergelut di bidang perangkat keras (hardware).
Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti :

  1. Technical engineer, yaitu orang yang berkecimpung dalam bidang teknik. 
  2. Networking engineer, adalah orang yang berkecimpung dalam bidang teknis jaringan computer.

c. Kelompok ketiga, adalah mereka yang berkecimpung dalam operasional system informasi.
Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti :

  1. EDP Operator, adalah orang yang bertugas mengoperasikan program-program yang berhubungan dengan electronic data processing dalam lingkungan sebuah perusahaan atau organisasi lainnya. 
  2. System Administrator, merupakan orang yang bertugas melakukan administrasi terhadap system, memiliki kewenangan menggunakan hak akses terhadap system.

Profesi dalam pengembangan aplikasi web 
Ada banyak ragam dalam profesi di dalam bidang Teknologi Informasi, bagaimana dengan profesi yang berada dalam lingkungan pengembangan aplikasi web? Berikut ini adalah profesi-profesi yang langsung terkait dalam pengembangan aplikasi web, diantaranya : 

Web Designer 
Seorang desainer Web adalah orang yang bertanggung jawab untuk menentukan tampilan sebuah website.
Seorang Web Designer harus menguasai : 
  • HTML, DHTML 
  • Pengolah Gambar
  • Animasi, Movie (Film) . 
Web Programmer 
Web Programmer bertugas dalam melakukan pengcodingan atau pemograman sebuah website agar dinamis. dimana agar sebuah web tersebut dapat telihat mudah bagi seorang web admin. 
Penguasaan yang biasanya harus dikuasai pada umumnya oleh Web Programmer : 
  • CGI Perl, PHP, MySQL (Unix base) 
  • ASP (NT base) 
  • Java Script dan Applet
Web Administrator 
Tugasnya adalah untuk memaintenance suatu server, mengerti akan Sistem Operasi Server, baik itu mulai dari instalasi sampai kepada masalah (troubleshooting), biasanya seorang Web Administrator harus menguasai : 
  • OS Unix (LInux, FreeBSD, dll) 
  • OS NT 
  • Jaringan (LAN, WAN, Intranet) 
  • Keamanan Server 
Dari semua jenis pekerjaan diatas tidak semua adalah sebuah profesi karena tidak semua orang ahli dalam bidang tersebut. Yang bisa dikatakan sebagai sebuah profesi yaitu jika seseorang sudah ahli di dalam bidang pekerjaan tersebut. Jika di pekerjaan diatas yang bisa dikatakan sebagai sebuah profesi adalah web designer, web programmer, web administrator, web master dan web developer karena dalam bidang tersebut seseorang memang sudah memiliki keahlian di dalamnya.  


EmoticonEmoticon