Jumat, 06 Oktober 2017

Persiapan Masuk Jurusan RPL




Sobat, Berbicara tentang jurusan RPL kelihatannya sudah tidak asing lagi, karena sudah hampir di semua sekolah” kejuruan ada jurusan RPL. Biasanya ketika anda keluar dari SMP, lalu mau masuk SMK, anda pasti bingung mau masuk jurusan apa ? jika sobat punya bakat dalam komputer, itu sudah bisa untuk masuk jurusan RPL.
Anda jangan merasa takut masuk jurusan RPL. Banyak yang bilang di jurusan RPL itu pusing, ngurusin coding ? Padahal jika anda mempelajarinya dengan tekun, dan percaya diri, saya yakin anda bisa nyaman dengan jurusan RPL, karena itu pernah di alamin oleh saya.
Awalnya saya juga menganggap jurusan RPL itu jurusan yang paling rumit. Tapi setelah saya belajar dengan sungguh” ternyata enak juga, bahkan kalau sudah tahu ilmunya, kita bisa menghasilkan uang dari ilmu RPL. Jadi kita buang kata kata yang menghalangi kita dan menakuti kita untuk masuk jurusan RPL.
Disini saya akan jelasin tentang jurusan RPL, bahwa jurusan RPL itu jurusan yang paling luas. Mari kita simak artikel ini untuk mengenal jurusan RPL.
RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) adalah Jurusan yang bergerak dibidang IT/TI. RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) .
Pengertian RPL sendiri adalah Suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, disain, pengkodean, pengujian sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan. Tujuan RPL adalah menghasilkan perangkat lunak dengan kinerja tinggi, tepat waktu, berbiaya rendah, dan multiplatform.
Jelaslah bahwa RPL tidak hanya berhubungan dengan cara pembuatan program komputer.  Pernyataan “ semua aspek produksi ” pada pengertian di atas, mempunyai arti semua hal yang berhubungan dengan proses produksi seperti manajemen proyek, penentuan personil, anggaran biaya, metode, jadwal, kualitas sampai dengan pelatihan pengguna merupakan bagian dari RPL.
Tujuan RPL adalah menghasilkan perangkat lunak dengan kinerja tinggi, tepat waktu, berbiaya rendah, dan multiplatform.
PELAJARAN YANG ADA DI RPL
Sebetulnya RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) itu Gampang ! kalau berbicara pelajaran, memang banyak yang dipelajari di jurusan RPL itu, cuman Biasanya yang dipelajari dalam jurusan RPL itu tidak jauh dari 3 hal ini.
  1.    Coding
  2.    Desain
  3.    Algoritma

Didalam Coding , Desain dan Algoritma tersebut masih ada Point-Point penting RPL (Rekayasa Perangkat Lunak). Inilah point-point (Dibaca = Pelajaran Penting) tersebut :
Coding
  1.    Pemograman Bahasa Pascal
  2.    Pemograman Bahasa C
  3.    Pemograman Bahasa C++
  4.    Pemograman Bahasa Java
  5.    Pemograman Bahasa Python (*)
  6.    Pemograman Bahasa Delphi (*)
  7.    Pemograman PHP & Mysql
  8.    Pemograman JavaScript
  9.    Pemograman AJAX (*)
  10.  Pemograman Web Server
  11.  Pemograman HTML
  12.  Pemograman CSS

Desain
  1.    Photoshop
  2.    Corel Draw (*)
  3.    Video Editing (*)
  4.    Web Design

Algoritma
  1.    Algoritma Dasar
  2.    Algoritma tingkat Lanjut
  3.    Microsoft Access
  4.    Gerbang Logika
  5.    Basis Data
  6.    DFD (Data Flow Diagram)

LAINNYA
  1.    Perakitan Komputer
  2.    Jaringan Dasar
  3.    Sistem Komputer
  4.    Simulasi Digital

Jadi , Kesimpulannya RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) itu tidak sekedar Membuat Program (Software) dan Membuat Web saja. RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) Itu Luas ^_^.
MEMILIH PEKERJAAN RPL
Kalau bicara pekerjaan , Pastinya sesuai dengan Passion masing masing. Kalau anda ingin fokus pada 1 pekerjaan saat anda lulus, Saya sarankan untuk menekuni 1 bidang saat pertama kali masuk RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) . Misal Anda menyukai “Pemograman Web” ya saat pertama kali masuk anda harus meresapi dan memahami apa itu Pemograman Web , tapi bukan berarti anda melupakan Pelajaran selain Pemograman Web. Tapi lebih memfokuskan pada bidang yang kita sukai/minati.
Berikut inilah Daftar pekerjaan lulusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak).
  1.    Programmer Java (Kurang Lebih 3 Juta untuk Junior)
  2.    Programmer PHP (1.5 Juta sampai 3 Juta untuk Junior)
  3.    Web Designer (4 Juta sampai 6 Juta)
  4.    IT Manager (15 Juta Perbulan syaratnya anda sudah Professional dengan bidang IT)
  5.    Analisis Sistem (6 Juta – 10 Per tahun)
  6.    Masih banyak lagi contohnya
  7.    Database Administrator
  8.    ERP Consultant
  9.    Software Engineer
  10.  Network Engineer

Dan bahkan di RPL itu tidak ada istilah pengangguran, adapun sistem Kerja Freelance, Kerja Remot. Bisa di kerjakan tanpa di kantor, tapi di rumah saja. itu juga sudah di alamin oleh alumni” RPL yang sudah nyaman dengan kerja Freelance. Contoh kerja freelance yaitu membangun bisnis internet.
Adapaun bagaimana cara membangun bisnis di internet, ini akan saya postingkan di artikel berikutnya.

Jadi sobat masuk jurusan RPL itu gak usah khawatir, keluar dari sekolah mau kerja apa ? kagak usah khawatir, Karena sekarang hampir banyak dibutuhin tiap” perusahaan untuk kerja di bidang IT, tinggal anda jalanin kalau memang anda sudah cukup punya bakat di bidang IT (Teknologi). Dan berusahadengan sungguh”, tidak lupa juga degan berdo’a agar dimudahkan dalam segala urusan.

This Is The Oldest Page

3 komentar

;-( sayang lokasi sekolah yg ada rplnya jauh
Nitip ae sendal KaryaMati

Mas, masuk jurusan RPL itu ada tes nya ga?. Contohnya seperti apa ya?,soalnya SMK yg saya mau ambil itu harus melalui tes mas.


EmoticonEmoticon